Informasi Budaya Unik dan Menarik Bangsa Indonesia

Pulau Seribu Bisa Dijadikan Salah Satu Tujuan Berwisata yang Menakjubkan

by ade muhlis , at Sabtu, Februari 27, 2016 , has 0 komentar
Indonesia merupakan Negara dengan kepulauan terbanyak. Beberapa pulau bahkan belum diberi nama. Meskipun begitu, tidak dapat disangkal bahwa pulau-pulau di Indonesia menyimpan sejuta keindahan alam yang dapat Anda nikmati. Jika Anda tinggal di Jakarta, Anda tidak perlu jauh-jauh mengunjungi pulau-pulau dengan pemandangan yang indah. Pulau seribu mungkin bisa jadi pilihan yang sangat tepat sebagi tujuan berwisata Anda. Terlebih lagi, di Jakarta sangat sulit mencari tempat wisata alam terdekat. Oleh karena itu, Anda bisa mengajak anggota keluarga ataupun teman untuk berwisata ke kepulauan seribu. Di samping itu, ada banyak tempat bagus yang bisa Anda datangi di kawasan tersebut.

Letak Geografis dari Pulau Seribu
Pulau seribu masuk ke dalam provinsi DKI Jakarta. Pulau ini terletak di utara Jakarta. Pulau ini pun termasuk di dalam sebuah kabupaten administrasi dengan nama kepulauan seribu. Disebut kepulauan karena memang terdapat beberapa pulau di dalamnya. Untuk lokasinya menurut letak geografis, pulau ini berada di antara 106040’45” dan 10001’19” pada bujur timur dan di antara 06000’40” dan 05054’40” pada lintang selatan. Pulau ini juga berbatasan dengan selat sunda dan laut jawa di sebelah utara dan barat, Kecamatan Cengkareng di sebelah selatan, dan laut Jawa di sebelah timur.


Lokasi dan Keindahan Tujuan Pariwisata di Pulau Seribu
Ada banyak pulau yang ada di kepulauan seribu. Namun, hanya ada beberapa pulau yang menjadi favorite para traveler. Berikut ini adalah 4 pulau yang akan dibahas, diantaranya adalah Pulau Tidung, Pulau Semak Daun, Pulau Bira, dan Pulau Pari. Pulau yang menduduki tempat nomor satu adalah Pulau Tidung. Salah satu daya tarik dari pulau ini adalah jembatan cinta yang menghubungkan antara Tidung kecil dan besar. Selain itu, ada tempat budidaya mangrove yang bisa Anda kunjungi, serta lokasi snorkeling dan diving yang indah. Berkeliling pulau menggunakan sepeda juga bisa jadi cara menyenangkan untuk liburan di pulau ini.
Pilihan kedua lokasi pariwisata di pulau seribu adalah Pulau Semak Daun. Pulau ini bisa jadi tempat wisata yang sangat bagus untuk berkemping. Lokasinya pun masih sangat bersih dan bebas dari sampah. Hal ini tidak mengherankan, karena memang di pulau Semak Daun ini tidak ada satupun rumah penduduk. Jadi, jika Anda ingin menginap di pulau ini bersama keluarga ataupun teman, jangan lupa untuk membawa tenda dan perlengkapan lainnya. Akan tetapi, karena pulau ini masih sangat bersih, Anda pun seharusnya juga turut menjaga kebersihan dan tidak merusak alam.
Kemudian, saat mengunjungi pulau seribu, Anda juga bisa datang ke pulau Bira, tujuan wisata selanjutnya. Pulau Bira banyak dipilih oleh wisatawan juga karena keindahan pasirnya yang belum tercemar oleh sampah-sampah plastic dan lainnya. Pasir putih yang lembut dan bersih di sepanjang pantai menjadi salah satu keindahan dari pulau ini. Selain itu, ada pula wahana olahraga air yang bisa Anda coba untuk menguji adrenalin Anda. Lalu, Anda juga bisa berenang sambil menikmati keindahan ekosistem laut yang indah di perairan dangkalnya.
Tempat wisata terfavorit di pulau seribu yang keempat adalah pulau Pari. Pulau ini juga dinilai masih perawan atau belum terjamak oleh banyak orang. Tidak heran jika pulau Pari sama seperti ketiga pulau sebelumnya yang memiliki lingkungan bersih dan indah. Bagi Anda para traveler yang lebih memilih pantai sebagai tujuan wisata, jangan lupa untuk mengunjungi pulau Pari. Selain pasir yang lembut dan deburan ombak yang cantik, Anda pun bisa menikmati indahnya matahari terbenam sambil duduk santai di pinggir pantai. Jika Anda bosan dengan hanya duduk-duduk di pantai, Anda pun bisa bersepeda berkeliling untuk menikmati keindahan pulau Pari.
Meskipun pulau seribu masih merupakan lokasi yang alami dan sedikit penduduknya, Anda tidak perlu khawatir akan fasilitas dan sarana transportasi yang tersedia di sana. Ada sejumlah penginapan yang disediakan di pulau resort. Meskipun bukan seperti hotel berbintang, fasilitas yang ditawarkan pun cukup memuaskan dan memadai. Begitupun dengan kesediaan air bersih dan listrik. Di pulau-pulau kecil tidak berpenghuni memang tidak akan ada listrik dan air tanah, namun di pulau-pulau berpenduduk, Anda masih bisa mendapatkannya. Karena kepulauan seribu merupakan sebuah kabupaten administrasi, maka sangat mungkin Anda bisa mendapatkan fasilitas yang diperlukan saat berlibur.
Selain itu, untuk sarana transportasi di pulau seribu pun tersedia dalam berbagai jenis. Seperti angkutan darat yang dapat digunakan di pulau pemukiman. Jalanannya pun sebagian sudah dibuat dengan material semen untuk memudahkan transportasi. Kemudian, untuk akses antar pulau, tentunya dibutuhkan alat transportasi laut, berupa perahu. Adapun beberapa pelabuhan yang merupakan akses mencapai pulau-pulau wisata yang ada di kepulauan seribu. Untuk bisa sampai ke pulau tujuan wisata Anda dan kembali ke pulau pemukiman, Anda bisa memesan jasa transportasi perahu yang siap mengantar dan menjemput Anda.

Flora Dan Fauna yang Ada di Pulau Seribu
Tidak hanya memiliki lokasi wisata yang menakjubkan, pulau seribu juga memiliki kekayaan flora dan fauna yang beragam. Daerah pantai memang sudah biasa ditumbuhi pohon-pohon kelapa. Namun selain pohon kelapa, Anda juga bisa menemukan pohon mangrove atau bakau yang memang sengaja dibudidayakan oleh masyarakat setempat. Selain itu, ada jenis flora lain yang ada di kepulauan seribu, seperti pandan, mengkudu, ketapang, cemara laut, nyamplung, waru, sukun, butun, seruni dan masih banyak lagi yang lainnya.
Selain flora, ada juga beragam jenis fauna yang bisa Anda jumpai di pulau seribu. Salah satu fauna yang dilindungi di kepulauan seribu adalah penyu. Ada dua jenis penyu yang ada di pulau ini, yaitu penyu hijau dan penyu sisik. Anda mungkin juga bisa mengunjungi penangkarannya untuk menyaksikan penyu-penyu tersebut. Lalu, beberapa fauna lainnya pun juga hidup di pulau ini, diantaranya adalah biawak, burung pecuk ular, ular sanca, elang bondol, rook-roko dan yang lainnya. Selain binatang darat, hewan laut yang ada dalam ekosistem laut pun bervariasi seperti ikan merah, kerapu, terumbu karang dan masih banyak lagi.
Itulah sedikit informasi mengenai kepulauan seribu untuk letak lokasi, tujuan wisata, flora dan fauna. Keindahan pulau-pulau wisata sangatlah menakjubkan karena memang belum banyak wisatawan yang datang ke sana. Meskipun sudah mulai sering dikunjungi, Anda sebaiknya tidak merusak atau mengotori lokasi wisata untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alamnya. Dengan begitu, tempat pariwisata pulau seribu akan terus menjadi salah satu tujuan berlibur yang menarik untuk dikunjungi. Jadi, jika Anda ingin menyegarkan pikiran dan badan, menghabiskan liburan bersama teman atau keluarga ke kepulauan seribu bisa jadi ide yang sangat tepat. Letaknya pun tidak jauh dari kota Jakarta. Tujuan wisatanya pun sangat beragam dan menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan.
ade muhlis
About
Pulau Seribu Bisa Dijadikan Salah Satu Tujuan Berwisata yang Menakjubkan - written by ade muhlis , published at Sabtu, Februari 27, 2016, categorized as pulau , Tempat Menarik , Wisata Sejarah dan Budaya . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Budaya Indonesia by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger