Informasi Budaya Unik dan Menarik Bangsa Indonesia

DAFTAR TEMPAT-TEMPAT MENARIK DI KAWASAN CIANJUR

by ade muhlis , at Selasa, Januari 12, 2016 , has 0 komentar
Cianjur merupakan salah satu wilayah yang ada di Jawa Barat, yang berbatasan dengan kab. Sukabumi, Kab. Bandung barat, Kab. Bandung, Kab. Garut, Kab. Bogor dan Samudera hindia. Wilayah cianjur ini merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang memiliki wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang cukup banyak, yakni terdiri dari 32 kecamatan 6 Kelurahan dan 354 Desa. Terdapat 2.745 Rukun Warga (RW) dan 10.138 Rukun Tetangga (RT), dengan jumlah penduduk Kabupaten Cianjur Tahun 2014 adalah 2.624.279 jiwa yang terdiri 1.395.845 laki-laki (53%) dan 1.228.434 perempuan (47%) . dan mayoritas mata pencaharian di kabupaten ini yaitu sebagai petani, meskipun di daerah-daerah sudah mulai berorientasi pada sector industri dan perdangangan.
Dengan kondisi wilayah dan penduduk seperti itu, tidak heran bahwa cianjur memiliki potensi yang cukup banyak, mulai dari sumber daya alam, pertanian dan lain-lain. Dengan luasnya wilayah yang terdapat di wilayah Kabupaten ini tidak heran kalau di berbagai daerah memiliki potensi alam yang menarik untuk dikembangkan dan dijadikan tempat-tempat wisata, ziarah dan tempat menarik lainnya untuk dapat menarik pengunjung baik local maupun interlokal.
Melaihat dari kultur masyarakat cianjur yang memiliki julukan cianju kota santri dan mengemban semboyan gerbang marhamah menunjukkan bahwa masyarakat cianjur memiliki kakakter dan kultur yang syarat akan adanya ketaatan dan kesadaran akan syariat dan ajaran agama yang di anutnya. Salah satu bentuk bahwa masyarakat cianjur kental akan kultur terlihat dari tempat-tempat menarik yang ada di kawasan cianjur. Di cianjur terdapat beberapa tempat peninggalan sejarah dan budaya yang terus dilestarikan, serta tempat-tempat menarik yang dijadikan saran untuk meningkatkan kesadaran akan kebesaran Tuhan sang pencipta. Berikut tempat-tempat yang menarik di kawasan Cianjur.

1. Makam Dalem Cikundul Cianjur
makan ini terletak di Kampung Majalaya, Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon, Cianjur, Jawa Barat atau sekitar 17 Km kearah utara dari pusat kota Cianjur, tepatnya di Bukit Cijagang. Areal makam ini memiliki luas sekitar 300 meter itu, berada di atas tanah seluas 4 hektar. Bangunan yang sangat artistik dengan nuansa Islam ini, merupakan makam tempat dimakamkannya Bupati Cianjur Pertama, yakni R. Aria Wira Tanu Bin Aria Wangsa Goparana (1677 - 1691) yang kemudian terkenal dengan nama Dalem Cikundul.


2. Mesjid Agung Cianjur
Mesjid agung cianjur terletak di pusat kota cianjur, yang bersebrangan dengan kantor Pemerintahan atau pendopo Kabupaten Cianjur. Mesjid ini pertama kali di bangun pada tahun 1810 M yang dibangun di atas tanah wakaf Ny. Raden Bodedar binti Kangjeng Dalem Sabiruddin, Bupati Cianjur ke - 4. Luas Mesjid semula 400 meter. yang berkembang menjadi 2500 meter dan mengalami beberapa perbaikan sampai terakhir yang sangat besar yang ketujuh kali dari tahun 1993 sampai tahun 2000 atau kurang lebih tujuh tahun dengan biaya sekitar Rp. 10 Miliar. Design dan stylasinya memadukan gaya dan ciri khas mesjid tempo dulu dengan gaya arsitektur modern dan dapat menampung sekitar 4000 jemaah.


3. Situs Gungung Padang
Situs ini peratama kali muncul dalam laporan Rapporten van de oudheid-kundigen Dienst (ROD), tahun 1914, selanjutnya dilaporkan NJ Krom tahun 1949. pada tahun 1979 aparat terkait dalam hal pembinaan dan penelitian benda cagar budaya yaitu penilik kebudayaan setempat disusul oleh ditlinbinjarah dan Pulit Arkenas melakukan peninjauan ke lokasi situs. Sejak saat itu upaya penelitian terhadap situs Gunung Padang mulai dilakukan baik dari sudut arkeologis, historis, geologis dan lainnya.
Situs ini terletak di Kp. Gunung Padang dan Kp. Panggulan Desa Karyamukti Kecamatan Campaka Kab. Cianjur.

4. Istana Presiden
Seperti yang telah banyak kita ketahui, bahwa istana kepresiden banyak dijumpai diberbagai daerah dan salahsatunya ada di kabupaten cianjur, tepatnya di Kecamatan Cipanas. Istana ini dibangun pada tahun 1740 oleh Van Heuts di atas tanah seluas 25 Ha. Istana Presiden Cipanas atau lebih dikenal sebagai Istana Cipanas terletak di kaki Gunung Gede, 103 km dari Jakarta ke arah Bandung, atau 17 km dari kota Cianjur. Walau tidak dipakai, Istana Cipanas tetap terpelihara dengan baik. Pemandangan di sekitar istana yang ditumbuhi sayur-sayuran, buah-buahan serta tanaman hias memberi nuansa asri. Istana megah yang dibangun pada 1740 ini dapat dikunjungi umum dengan izin khusus dari Sekretaris Negara. Istana Presiden Cipanas berdiri diatas tanah seluas 26 hektar, terdiri atas gedung induk dan tujuh buah paviliun, dilengkapi sarana olahraga. Luas gedung merupakan bangunan panggung sluas 950 m2, terdiri beberapa ruangan. Terletak pada ketinggian 1.100 meter, sejauh mata memandang tampak sayur-sayuran, buah-buahan, tanaman hias dan tanaman keras yang ditata dalam sebuah hutan kecil.

5. Gunung Gede
Cianjur memiliki salah satu destinasi wisata dan tempat tadzabur alam yang cukup menarik, yakni gunung gede. Gunung Gede merupakan salah satu gunung yang populer di Jawa Barat yang ramai dikunjungi para pendaki gunung. ketinggian gunung ini mencapai 2.958 meter. Puncak-puncaknya dapat terlihat dengan jelas dari Cibodas Kecamatan Pacet. Disampingnya berdiri sangat kokoh Gunung Pangrango yang bila dilihat dari kejauhan nampak seperti segitiga runcing sedangkan Gunung Gede berbentuk kubah. Kedua gunung yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGP) ini memiliki keindahan alam asli. Di Puncak Gunung Gede terdapat kawah aktif (terakhir meletus pada 1957) serta padang rumput yang ditumbuhi bunga abadi (Edelweis/Anapahlis javanica) yang merupakan daya tarik bagi pendaki

6. Taman Bunga
Taman ini pertama kali diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada tanggal 10 September 1995. Selain taman banyak fasilitas hiburan untuk anak-anak berupa minicar, restaurant dan juga permainan ketangkasan. Sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama berada di taman yang asri indah alami itu.
Taman Bunga Nusantara di daerah Puncak, Bogor. Segala macam Bunga dengan aneka warna dan bentuknya ada di sini. Taman Bunga Nusantara yang jaraknya sekitar 100 km dari Jakarta, atau 90 km dari Bandung, mengoleksi lebih dari 300 varietas bunga dari seluruh dunia.
Bagi Sahabat yang ingin berkunjung ke tempat ini dan berencana untuk menginap, anda dapat memilih jenis penginapan Villa di Puncak 


7. Taman Cibodas
Kebun Raya yang luasnya 80 hektar yang terletak di kaki Gunung Gede-Pangrango ini sudah lama dikenal sebagai obyek wisata yang sangat menarik. Bahkan, ada yang memberikan julukan Taman Firdaus di Asia.Keindahan Kebun Raya Cibodas didukung oleh koleksi pepohonannya. Di sini tersimpan koleksi ratusan pepohonan baik yang tua maupun pepohonan muda. Tercatat 5.831 contoh tanaman dari 1.206 jenis hidup disini.
Kebun Raya Cibodas merupakan pintu gerbang bagi para pendaki gunung yang ingin mendaki Gunung Gede dikunjungi tidak kurang dari 400.000 orang. Beberapa lokasi yang diminati pengunjung antara lain rumah kaca (green house), Jalan Araucaria (auracarua Avenue), Air Terjun Cibodas dan lokasi lanskap beserta kolam air mancur. Di rumah kaca yang berisi kaktus, Anda bisa melihat anggrek dan tanaman langka yang beraneka ragam. Ada hampir 4.000 contoh tanaman dari 350 jenis kaktus 360 jenis anggrek tersimpan di rumah kaca ini.

8. Tirta Jangari
Jangari adalah suatu obyek wisata Tirta yang berada pada genangan waduk Cirata yang luas dan indah, terletak di dea Bobojong Kecamatan Mande, Jarak dari Kota Cianjur 17 Km.

9. Danau Leuwi Soro
Danau ini airnya bening dan dipenuhi pepohonan yang rindang dan indah. Danau ini sangat cocok untuk rekreasi menghilangkan rasa jenuh. Terletak di kecamatan Pagelara. Jarak dari Kota Cianjur 65 Km.

10. Curug Citambur
Curug ini sangat indah karena merupakan air terjun +/- 40 meter, air yang turun sebagian menjadi uap dan embun sehingga lokasi sekitar curug menjadi sejuk. Terletak di Kecamatan Pasirkuda. Jarak dari kota Cianjur 65 Km

11. Pantai Jayanti
Pantai yang indah dan menarik berdampingan dengan Cagar Alam Bojonglarang dan pelabuhan nelayan. Pantai ini masih alami dengan ombak yang indah dan angin bertiup perlahan-lahan menambah nyamannya berekreasi dipantai Jayanti. Terletak di kecamatan Cidaun. Jarak dari Kota Cianjur 139 Km.


Itulah beberapa tempat menarik di Cianjur sebagai tempat peninggalan kebudayaan dan juga tempat wisata di Cianjur, sebetulnya masih banyak destinasi keindahan alam yang cukup menarik yang dapat kita jumpai di cianjur.
ade muhlis
About
DAFTAR TEMPAT-TEMPAT MENARIK DI KAWASAN CIANJUR - written by ade muhlis , published at Selasa, Januari 12, 2016, categorized as Tempat Menarik , Tempat Ziarah . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Budaya Indonesia by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger