Informasi Budaya Unik dan Menarik Bangsa Indonesia

Kenali dan Kunjungi Museum Sains di Indonesia "Museum Puspa Iptek Bandung"

by ade muhlis , at Jumat, November 21, 2014 , has 0 komentar
Adakah museum sains atau teknologi di negara kita? di manakah letaknya? Mungkin saya dan juga anda berpendapat bahwa di negara kita terdapat museum sains atau teknologi, namun tidak sedikit diantara kita yang belum mengetahui pasti keberadaan museum tersebut, tapi tidak sedikit pula yang sudah tahu dan berkunjung ke museum sains dan teknologi ini, terutama para pelajar, mahasiswa dan para peneliti atau ilmuan. Bandung terkenal dengan julukan kota kembang atau parahiangan, namun siapa sangka di kota inilah terdapat salah satu museum sain atau teknologi yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi, museum tersebut terkenal dengan nama Museum Puspa Iptek Bandung.

Lokasi
Museum Puspa Iptek Bandung terletak di Jl. Raya Padalarang no 427 Bandung 40553, Telp. (022) 6803777, Fax. (022) 6803020. Akses menuju tempat ini sangatlah mudah, sebab lokasi ini berada di jalur umum lintasan angkutan umum, baik bus maupun angkot. bagi anda yang dari jakarta, Sukabumi, dll, anda cukup naik bus jurusan Bandung terminal Lewi panjang, di tengah perjalanan anda akan melewati Kota Baru, nah di situlah tempatnya museum ini. Museum ini di buka untuk umum, setiap hari selasa s.d Minggu pukul 08.30-16.30 WIB, dan hanya tutup pada hari senin dan hari-hari perayaan besar Agama.

Data Umum Museum Puspa Iptek Bandung
Nama Museum Puspa Iptek ini merupakan singkatan dari Pusat Peragaan Ilmu dan teknologi, sesuai dengan namanya, museum ini merupakan kawasan tempat belajar dan bermain yang memiliki bentuk gedung reflika atau integrasi Jam Matahari Sundial dengan jenis horizontal dan vertikal yang terbesar di dunia. Secara konsep hal ini merupakan tatanan terpadu antara gerbang bumi dan 12 bulan, sehingga ketiga tatanan tersebut merupakan refleksi konstelasi Matahari, Bumi dan Bulan. Tidak hanya itu, terdapat pula reflika bumi yang terbuat dari batu alam yang berdiameter 2m dengan berat 12 ton, batu ini diambil dari sekitar daerah penambangan di padalarang yang di simpan di depan gerbang. Batu reflika bumi bulat tersebut dikelilingi oleh tiang-tiang sebanyak 12 tiang, hal ini melambangkan banyaknya bulan dalam perhitungan satu tahun, setiap tiang tiang tersebut dihiasi dengan berbagai aneka ragam kalender tradisional daerah nusantara indonesia dan luar negeri. Untuk keberadaan luas wilayah, keadaan gedung dan peralatan yang ada di museum ini dapat digambarkan secara umum sebagai berikut :
  • Luas wilayah / Lahan : 7.850 mm2
  • Luas Bangunan dan sarana pendukung : 2.000 m2
  • Luas Taman : 3.300 m2
  • Bidang Refleksi Hotizontal : 2.758 m2
  • Bidang Refleksi Vertikal : 50 m2
  • Panjang Jarum (Gnomon) : 30 m
  • Tinggi Jarun (Gnomon) : 15 m
  • Jumlah Alat Peraga : 25 Unit
Puspa Iptek Sundial ini telah mendapat penghargaan dan pemecah rekor muri sebagai Sundial Pertama dan Terbesar di Indonesia pada tanggal 11 mei 2002, selain itu Sundial inipun menjadi landmark Kota Baru Parahiayang dengan berwawasan pendidikan. Itulah sedikit informasi seputar museum sain (Puspa Iptek Bandung) yang ada di Indonesia, Semoga bermanfaat.
ade muhlis
About
Kenali dan Kunjungi Museum Sains di Indonesia "Museum Puspa Iptek Bandung" - written by ade muhlis , published at Jumat, November 21, 2014, categorized as Bangunan , Museum . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Budaya Indonesia by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger