Informasi Budaya Unik dan Menarik Bangsa Indonesia

Museum Seni di Indonesia "Galeri Nasional Indonesia"

by ade muhlis , at Rabu, April 23, 2014 , has 1 comment
Apakah anda tahu Apa itu Museum Seni? dan dimanakah museum seni di indonesia berada? Museum seni umunya dan lajim disebut juga sebagai sebuah galeri, yaitu uatu ruang untuk memamerkan hasil karya seni, dan biasanya hasil karya seni yang biasa dipamerkan adalah seni visual seperti Lukisan, Ilustrasi dan seni ukir atau seculpture. koleksi dari gambar-gambar dan koleksi cetakan asli yang sudah tua biasanya tidak dipajang di ruang pamer museum, akan tetapi disimpan di dalam ruang khusus penyimpanan. Selain itu museum seni bisa juga menkoleksi hasil seni terapan, termasuk keramik, seni logam, furnitur, buku seni dan objek-objek lainnya.      
    Dalam sejarah, Museum Seni yang di bangun pertama di Dunia terdapat di Eropa, yaitu Uffizi Gallery di Florence, Italia. Pada saat dibanugn, gedung tersebut diperuntukkan bagi hakim kota Florence, namun kemudian gedung-gedung itu berubah fungsi menjadi tempat memajang berbagai lukisan dan patung-patung yang dikoleksi oleh keluarga Medici atau keluarga pejabat lainnya, dalam perkembangannya, bangunan ini berubah fungsi menjadi museum modern pertama di Eropa. Dengan banyak permintaan dari masyarakat sejak abad ke 16, pada tahun 1765 galeri ini secara resmi dibuka untuk umum.
       Namun jangan salah, Museum pertama yang di buka untuk umum adalah The British Museum yang terletak di Kota London, museum ini pertama kali dibuka secara gratis untuk umum pada tahun 1759 yang dibangun beberapa tahun sebelumnya, yakni mulai tahun 1753. Sedangkan untuk Museum Seni yang paling populer san terkenal di dunia saat ini adalah Museum Louvre di Kota Paris, Prancis. Museum ini didirikan pada tahun 1793. Museum ini memamerkan benda-benda seni milik kerajaan. Selain itu adapula museum seni yang masuk dalam daftar museum seni tertua di dunia, yakni museum Czatoryski di kota Krakow yang dibangun pada tahun 1796 oleh Princess Izabela Czartoryska.
      Di Indonesia juga terdapat banyak sekali contoh museum atau galeri seni yang mengkoleksi berbagai karya seni yang bernilai tinggi misalnya saja Galeri Nasional Indonesia.

Lokasi Galeri Nasional Indonesia
Alamat : Galeri Nasional Indonesia terletak di Jl. Medan Merdeka Timur No.14, Jakarta 10110-Indonesia Telepon : (021)34833954, 3813021, 34833955 Fax : (021)3813021
Website : www.galeri-nasional.or.id. E-mail : galnas@indosat.net.id

Sejarah Museum 
Galeri Nasional Indonesia adalah sebuah lembaga museum seni yang bernaung di bawah Departemen Kebudayaan Republik Indonesia. lembaga galeri atau museum ini diresmikan pada tanggal 8 Mei 1999. Museum atau Galeri Nasional Indonesia memiliki luas tanah 17.600 M2, yang dibangun berbagai gedung dan fasilitas penunjang lainnya seperti Kantor, Pameran Temporer, Pameran Permanen, Perpustakaan, Auditorium, Wisma Seniman, Laboratorium, Storange, Gallery Cafe dan Galeri Shop. yang mendaji kelebiihan museum seni ini adalah letaknya yang strategis berdekatan dengan tempat-tempat penting lainnya yakni Museum Nasional, Perpustakaan Nasional, Monumen Nasional, Kantor Pemerintahan dan Istana Negara sehingga para pengunjung bisa mengunjungi berbagai tempat penting dalam sejarah Nasional Indonesia.

Koleksi 
Galeri Nasional Indonesia Galeri Nasional Indonesia Mengkoleksi berbagai koleksi karya seni diantaranya: Seni Rupa : Lukisan, Sktsa, Grafis, Patung dan Fotografi Seni Kriya dan Etnik dengan estetika tertentu : Keramik, Batik dan Wayang. Hingga sampai sekarang ± ada 1.700 hasil karya seniman Indonesia dan mancanegara yang menjadi koleksi di galeri ini. Seniman Nasiona yang menjadi penyumbang atau hasil karyanya menjadi salah satu koleksian di museum ini antara lain : Raden Saleh, Basoeki Abdullah, Hendra Gunawan, Affandi, S. Sudjojono, dll. Sedangkan Seniman mancanegara yang juga memiliki hasil karya yang dikoleksi di galeri ini antara lain : Wassily Kandinsky dari Rusia, Piere Sulages dari Perancis, Hans hartung dari Jerman dan yang lainnya. Pameran yang biasa diselenggarakn di Galeri Nasional Indonesia terdiri dari Pameran Tetap, Pameran Temporer, dan Pameran Keliling. Dengan adanya Galeri Nasional Indonesia ini, mencatat eksistensi para seniman sekaligus mengapresiasi karya seniman. Semoga dengan demikian dapat meghargai hasil karya senimana khususnya anak bangsa yang memiliki dedikasi terhadap seni, serta mencetak generasi seniman-seniman yang handal. Salam Budaya
ade muhlis
About
Museum Seni di Indonesia "Galeri Nasional Indonesia" - written by ade muhlis , published at Rabu, April 23, 2014, categorized as Bangunan , Museum , Museum Seni . And has 1 comment
1  comment Add a comment
Ijin Jalan" di Blog agan yang Bagus ini gan :)
Jangan Lupa Mampir Balik :D

Kumpulan Cerita Dewasa Terbaru
Reply Delete
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Budaya Indonesia by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger