Informasi Budaya Unik dan Menarik Bangsa Indonesia

Museum Lubang Buaya Mengenang Pahlawan Revolusi

by ade muhlis , at Selasa, April 22, 2014 , has 1 comment
Nama Lubang Buaya tidak asing lagi terdengar di telinga bangsa atau masyarakat Indonesia, bagaimana tidak? Tempat ini memiliki sejarah yang begitu fenomenal terkenang sepanjang masa. Di tempat ini telah terjadi kejadian yang menghebohkan dan terkenal yakni pebunuhan yang sangat keji terhadap 7 (tujuh) Jendral oleh sekelompok Massa dari PKI. Oleh karena itu tempat ini menjadi tempat yang bersejarah dan menjadi salah satu museum sejarah yang dimiliki Negara Indonesia.


Letak / Lokasi Museum 
Museum lubang Buaya terletak di kawasan Pondok Gede, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur Kode POS 13810.

Sejarah 
Pada tanggal 30 September 1965 terjadi sebuah gerakan sparatis dari salah satu partai politik pada waktu itu yang dinamai Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dikenal dengan sebutan G30S PKI. Pada gerakan itu PKI menculik, menyiksa dan membunuh 7 jendral, ketujuh jendral tersebut kemudian di buang ke sebuah sumur kering di kawasan pondok gede Lubang Buaya ini. Pada saat terjadinya G30S Lubang Buay amerupakan tempat pusat latihan yang dimilik Partai Komunis Indonesia (PKI). Dengan adanya kejadian bersejarh tersebut, tempat ini dijadikan sebuah tempat bersejaran. Tidak hanya itu, untuk mengenang sejarah dan pengorbanan para jendral (pahlawan) ini pemerintah mendirikan atau membangun Lapangan Peringatan Lubang Buaya yang berisi Monumen Pancasila, dan sebuah museum diorama, sumur tempat para korban dibuang, serta sebuah ruangan berisi relik, dan sering disebut Museum Lubang Buaya Lubang Buaya merupakan sebuah nama yang diambil dari legenda yang menyatakan bahwa di sungai yang terletak disekitar kawasan itu terdapatnya buaya-buaya putih.

Koleksi Museum 
Luabang Buaya Museum ini mengkoleksi segala hal peninggalan tragedi Gerakan 30 S PKI, mulai dari rumah yang dijadikan tempat penyiksaan dan membunuh ketujuh pahlawan revolusi, patung elang yang sangat besar dan patung pahlawan, dan terdapat pula mobil yang digunakan untuk mengangkut orang-orang.
   Selain Museum Lubang Buaya, di kawasan inipun didirikan Monumen Pahlawan Revolusi, atau monument Pancasila Sakti. Monumen ini dibangun oleh pemerintah di bawah Presiden RI yang ke-2 yakni Soeharto. Dibangunnya monument ini untuk mengingat perjuangan para pahlawan Revolusi yang berjuang mempertahankan ideologi Negara Indonesia (Pancasila) dari ancaman ideologi Komunis.
Itulah informasi sedikit tentang museum Lubang Buasya semoga bermanfaat. Salam Budaya
ade muhlis
About
Museum Lubang Buaya Mengenang Pahlawan Revolusi - written by ade muhlis , published at Selasa, April 22, 2014, categorized as Bangunan , Museum . And has 1 comment
1  comment Add a comment
Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Museum Lubang Buaya Mengenang Pahlawan Revolusi.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetaui lebih jauh mengenai indonesia.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi di http://indonesia.gunadarma.ac.id
Reply Delete
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Budaya Indonesia by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger