Informasi Budaya Unik dan Menarik Bangsa Indonesia

Mengenal Museum

by ade muhlis , at Jumat, April 18, 2014 , has 0 komentar
Apakah anda pernah mengunjungi museum yang ada di kota anda? Bagi anda yang sudah pernah apalagi sering mengunjungi museum barangkali sudah terbayang bagaimana bentuk rupa dan koleksi yang ada dan dipamerkan di sana. Namun bagi anda yang belum pernah mengunjungi, atau bahkan belum mengetahui seperti apa itu museum jangan khawatir, karena di berbagai wilayah kota kita terdapat cukup banyak museum yang dikelola oleh pemerintah ataupun pihak swasta yang bisa anda kunjungi. 


Pengertian 
      Sebelum kita membahas museum-museum yang ada di Negara Indonesia tercinta ini, mari kita mengenal istilihan museum secara luas. Ada yang tahu apa pengertian atau definisi Museum? Menurut istilah bahasa, museum berasal dari bahasa Yunani yakni asak kata Museion. Museion adalah sebuah tempat suci untuk memuja Sembilan Dewi Seni dan Ilmu Pengetahuan. Sedangkan menurut badan permuseuman dunia International Council of Museum (ICOM) pengertian museum dirumuskan sebagai berikut :
“Sebuah lembaga yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakat, terbuka untuk umum, yang mengumpulkan, merawat, menghubungkan dan memamerkan untuk tujuan-tujuan studi, pendidikan dan hiburan, barang-barang pembuktian manusia dan lingkungannya”.
       Selain itu museum juga diakatakan sebagai suatu badan yang memiliki tugas dan kegiatan untuk menerbitkan dan memamerkan hasil-hasil penelitian dan pengetahuan tentang benda-benda yang penting bagi kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan. Museum juga merupakan suatu system yang tersendiri atas berbagai bagian dan atau komponen yang saling berhubungan dan berinteraksi, karena setiap komponen itu hidup, bergerak karena berfungsi.

Sejarah Museum 
Seperti yang telah disampaikan di atas, bahwa istilah museum diambil dari bahasa yunani yang berarti tempat suci untuk memuja Sembilan Dewa Seni dan Ilmu Pengetahuan, hal ini menunjukkan bahwa museum itu sendiri merupakan bagian dari sejarah perkembangan pembangunan atau bangunan-bangunan yang di abadikan. Selain itu dalam sejarah tercatat bahwa salah satu kesembilan Dewi tersebut adalah mouse, yang terlahir dari mahadewa Zous dengan istrinya. Dewa dan Dewi tersebut bersemayam di pegunungan Olympus. Museion selain tempat suci, juga merupakan tempat untuk berkumpul para cendikiawan yang mempelajari serta menyelidiki berbagai Ilmu Pengetahuan, juga sebagai tempat pemujaan Dewa Dewi.
       Selain bangunan Museion ini, ada pula bangunan lain yang diketahui memiliiki hubungan dengan sejarah museum, bangunan ini adalah bagian kompleks perpustakaan yang memiliki bangunan khusus untuk seni dan sains, terutama filosofi dan riset di Alexandria oleh Ptolemy I Soter pada tahun 280 SM. Museum sendiri berkembang sejalan dengan berkembangnya pengetahuan dan manusia sehingga membutuhkan fakta dan bukti kongkrit tentang catatan sejarah kebudayaan.

Fungsi Museum
Museum memiliki fungsi sebagai berikut :
a. Cermin sejarah manusia, alam, dan kebudayaan
b. Media pembinaan pendidikan kesenian dan ilmu pengetahuan
c. Objek wisata
d. Pusat dokumentasi dan penelitian ilmiah
e. Pusat penikmatan karya seni
f. Pusat perkenalan kebudayaan antar daerah dan antar bangsa
g. Sarana untuk bersyukur dan mengingat kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa
h. Suaka alam dan Suaka Budaya
i. Pusat transpormasi ilmu untuk umum

Type-type Museum
Museum memiliki type yang cukup banyak, mulai dari museum yang minimalis, kecil yang mencakup satu wilayah dengan objek tertentu, sampai ke museum yang mewah dan megah yang memiliki koleksi yang cukup lengkap dengan berbagai type atau kategori museum. Berikut daftar type, kategori atau kelompok museum
1. Seni Populer (Fine Arts)
2. Seni Terapan (Applied Arts)
3. Kerajinan Tangan (Craft)
4. Antropologi dan Etnologi
5. Arkeologi
6. Sejarah
7. Sejah Budaya (Culture History)
8. Sejarah Militer
9. Sains
10. Teknologi
11. Museum anak-anak
12. Sejarah Alam (natural history)
13. Numismatics (Mata uang)
14. Taman Botani dan Zoologi (botanical and zoological garden) dan
15. Filateli (Museum Prangko)
Itulah sedikit informasi tentnag museum, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang museum dan membuat kita tertarik untuk mengunjungi museum. Dengan mengunjungi museum banyak manfaat dan pelajaran yang akan kita dapatkan. Salam Budaya

Sumber : Dwi Ajie, Miyarso dan Vibariani, Vivi. 2007. Mengenal Museum.Widya Dutra Grafika
ade muhlis
About
Mengenal Museum - written by ade muhlis , published at Jumat, April 18, 2014, categorized as Bangunan , Museum . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Budaya Indonesia by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger