Informasi Budaya Unik dan Menarik Bangsa Indonesia

Suku Jawa : Daftar Suku Jawa

by ade muhlis , at Senin, April 18, 2016


Suku jawa yang sering disebut dengan istilah Jawa ngoko: Wong Jowo, Krama:Tiang Jawi merupakan etnis/suku yang mempunyai populasi terbesar di Indonesia, selain itu suku jawa juga memiliki penyebaran yang sangat luas, hampir seluruh pulau besar Indonesia telah menjadi wilayah
 
penyebarannya, tidak hanya di nusantara, suku jawa pun telah menyebar ke berbagai wilayah di Negara luar diantaranya di Suriname (Amerika Selatan), Amerika Tengah, Afrika Selatan, dan Haiti di Lautan Teduh (Pasifik). ± 41,7% penduduk Indonesia merupkan etnis/ suku jawa. suku ini merupakan suku asli dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta. Wilayah penyebaran yang paling banyan di nusantaraa adalah di propinsi jawa barat tepatnya di daerah Cirebon dan  Indramayu yang merupakan daerah perbatasan dengan wilayah asli mereka.

Bahasa Suku Jawa
Bahasa suku jawa dalam komunikasi sehari-hari menggunakan bahasa jawa, namun dalah penggunaan bahasa jawa ini terdapak perbedataan kosa kata dan intonasi yang disebut unggah-unggunh, hal ini dipengaruhi berbagai faktor, baik faktor usia, klasifikasi sosial. Sehingga dengan menggunakan bahasa ini mereka sadar akan status sosial di masyarakatnya.
Meskipun bahasa jawa adalah bahasa suku jawa, namun ada beberapa suku jawa yang menggunakan bahasa nasional sebagai bahasa sehari-hari mereka dengan jumlah yang sedikit, menurut survey oleh majalah tempo pada tahun 1990 an (awal dasawarsa), suku jawa: ± 12% menggunakan bahasa Indonesia. 18% menggunakan bahasa Jawa dan Indonesia di campur.
Dalam penggunaan bahasa jawa, ada 3 tingkatan yang dijadikan bahasa resmi antara alain :
1.    Bahasa Ngoko, bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang yang sudah dikenal dekat, serta untuk berkomunikasi dengan orang yang lebih muda.
2.    Bahasa Krama (Kromo), bahasa ini digunakan untuk berbicara dengan orang yang lebih tua, atau lebih tinggi status sosialnya.
3.    Bahasa madya, bahasa variasi dari penggunaan bahasa ngoko dan bahasa karma.
Selain ketiga bahasa di atas, dikenal juga dengan bahasa kedaton, yaitu bahasa yang digunakan di lingkungan keraton.

Kepercayaan Suku Jawa
Sebagian besar suku jawa menganut agama Islam, namun ada diantara mereka yang menganut agama selai islam, baik Protestan, katoli, Hindu dan Budha. Selain itu kepercayaan suku jawa juga ada yang dikenal dengan kepercayaaan agama kejawen, kepercayaan ini berdasarkan kepercayaan animism yang dipengaruhi Hindu budha yang melekat. Suku jawa mempunyai sifat sinkretisme kepercayaan, dengan sifat ini mereka menyerap semua budaya luar serta mereka tafsirkan menurut nilai-nilai jawa, sehingga kepercayaan yang ada pada diri seseorang kadangkala menjadi kabur

Profesi Suku Jawa
Dari sekian banyak suku jawa, mayoritasnya berprofesi sebagai petani. Sedangkan di wilyah  perkotaan mereka berprofesi sebagai pegawai negeri sipil, karyawan, pedagang, usahawan, dan lain-lain. Suku jawapun banyak yang menjadi tenaga kerja di luar negeri, bahkan suku Jawa mendominasi tenaga kerja Indonesia di luar negeri terutama di negara Malaysia, Singapura, Filipina, Jepang, Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab, Taiwan, Amerika Serikat, dan Eropa.

Kesenian dan Budaya Suku Jawa
ade muhlis
About
Suku Jawa : Daftar Suku Jawa - written by ade muhlis , published at Senin, April 18, 2016, categorized as Lainnya
Comment disabled
Copyright ©2013 Budaya Indonesia by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger