Informasi Budaya Unik dan Menarik Bangsa Indonesia

Budaya Kalimantan Tengah – Upacara Tiwah

by ade muhlis , at Jumat, Juni 17, 2016
Anda pernah mendengar istilah upacara Tiwah? Upacara ini termasuk salah satu kekayaan budaya Indonesia. Indonesia yang memiliki keragaman budaya sehingga memiliki beragam cara juga dalam hal pemakaman. Dalam budaya di Kalimantan Tengah, terdapat sebuah upacara unik bernama Upacara Tiwah. Upacara Tiwah adalah sebuah ritual adat dalam suku Dayak.


Upacara ini dilakukan untuk mengantarkan tulang orang-orang yang sudah meninggal menuju ke alam baka. Caranya adalah dengan memindahkan jasad sisa dari dalam liang kubur ke dalam sebuah tempat yang dinamakan Sandung. Jadi, seseorang yang meninggal akan dikuburkan dahulu, baru setelah beberapa tahun kemudian sisa jasadnya akan dipindahkan ke dalam Sandung. Ritual ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan masih dilestarikan hingga sekarang. Upacara Tiwah ini sering dijadikan sebagai objek wisata budaya baik itu oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Alasannya tak lain dan tak bukan adalah karena keunikan dan kekhasan dari upacara tersebut. Ritual ini menjadi ritual terakhir dalam upacara pemakaman seseorang, khususnya suku Dayak Pedalamam yang menganut agama Kaharingan.
Bagi Masyarakat Dayak Pedalaman, agama Kaharingan merupakan agama leluhurnya. Itulah sebuah upacara unik dalam budaya Kalimantan Tengah. Semoga sedikit informasi ini menambah wawasan Anda tentang budaya daerah yang sangat beragam dan membuat kita semakin mencintai budaya Indonesia.
ade muhlis
About
Budaya Kalimantan Tengah – Upacara Tiwah - written by ade muhlis , published at Jumat, Juni 17, 2016, categorized as Upacara Adat
Comment disabled
Copyright ©2013 Budaya Indonesia by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger